SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Alhamdulillah berkat rahmat, taufik dan hidayahNYA, sampai saat ini kita diberikan nikmat kesehatan.
Salam dan sholawat kita panjatkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing umatNya untuk menjauhi larangan-laranganNya dan menjalankan perintah-perintahNya.
Salam sejahtera untuk kita semua ….

SD Negeri Mangunharjo 6 Probolinggo didirikan pada tahun 1981 dan mulai dioperasikan pada tahun 1982. Selama kurun waktu tersebut, banyak prestasi yang telah diraih baik tingkat Kota, Propinsi maupun Nasional.

Secara akademik SDN mangunharjo 6 berhasil meningkatkan prestasi, ditandai dengan semakin meningkatnya ranking Nilai rata-rata Ujian Nasional SD/MI se Kota Probolinggo dari ranking 31 pada tahun 2009-2010 menjadi ranking 22 pada tahun 2010-2011.

Setelah 2 (dua) tahun menerapkan program sekolah Adiwiyata, yaitu sejak tahun 2007, maka pada tahun 2009, SDN mangunharjo 6 berhasil memperoleh penghargaan sebagai Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Pada tahun 2010, SDN Mangunharjo 6 berhasil memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tahun ke-1 dan pada tahun 2011 mempertahankan prestasi sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun Ke-2. Alhamdulillah pada tahun 2012 SDN Mangunharjo 6 berhasil memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama yang terjalin baik antara Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Komite Sekolah, Paguyuban Wali Murid, Orang tua murid, dan tentunya para murid.

SD Negeri Mangunharjo 6 Probolinggo berusaha menyiapkan sarana/prasarana pendukung yang menunjang keberhasilan baik akademik maupun non akademik.

Sarana prasarana yang dimiliki SD Negeri Mangunharjo 6 Probolinggo untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar (KBM) antara lain : Ruang komputer, Ruang pembelajaran serbaguna (pembelajaran melalui LCD), Zona Pembibitan, Tempat komposting dan daur ulang kertas, Musholla, Perpustakaan, Kantin sehat dan Kantin Kejujuran.

Mudah-mudahan ke depannya SD Negeri Mangunharjo 6, semakin menunjukkan prestasinya. Untuk itu, peran serta masyarakat sangat kami harapkan demi kemajuan sekolah ini.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Kepala Sekolah,

SUDARWATI, S.Pd, MM

SELAMAT DATANG

WELCOME TO SDN MANGUNHARJO 6 SITE ' S
A Simple Blog And About All

Senin, 01 Maret 2010

PENGOLAHAN SAMPAH SECARA SEDERHANA

Tempat sampah yang sudah dipilah
sesuai jenisnya
Saat ini permasalahan sampah menjadi permasalahan yang cukup serius. Di kota-kota besar permasalahan semakin rumit dikarenakan lahan yang digunakan sebagai tempat pembuangan akhir sampah tersebut semakin sulit dicari sehingga banyak terlihat penumpukan sampah di pinggir-pinggir jalan. Dan itu sangat menganggu baik dari segi kesehatan maupun dari segi keindahan.
SDN Mangunharjo 6 sebagai sekolah yang menerapkan program Adiwiyata mencoba mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan cara melakukan pengolahan sampah yang ada di lingkungan sekolah secara sederhana. Kegiatan-kegiatan pengolahan sampah yang dilakukan di SDN Mangunharjo 6 meliputi pembuatan kompos dari sampah organik, daur ulang kertas dari sampah kertas, dan pembuatan keterampilan dari sampah plastik ( gelas/botol minuman, bungkus mie, kopi, dll ).
Berikut ini kami uraikan cara pembuatan kompos secara sederhana yang dilakukan oleh siswa/siswi SDN mangunharjo 6.

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Sampah organik (antara lain : daun-daunan, sisa makanan/buah)
2. Kotoran hewan ( kotoran kambing/sapi )
3. EM4 ( sisa pembuatan gula atau air gula )
4. Air

Alat-alat yang digunakan :
1. Alat pencacah ( gunting/pisau )
2. Sekop
3. Alat pengayak
4. Komposter/bak kompos

Proses Pembuatan :
1. Proses pemilahan sampah.
Sampah organik dipilah lagi, mana yang bisa dibuat kompos, mana yang tidak.
                                                                                                                                                                  
2. Proses pencacahan sampah.
Sampah dicacah dengan ukuran kira-kira 3-4 cm. Pencacahan dilakukan untuk mempercepat proses fermentasi.

















3. Proses pencampuran sampah.

Sampah yang sudah dicacah dicampur dengan kotoran ternak, air sisa pembuatan gula/air gula, dan air.
Pencampuran dilakukan sampai seluruh bahan tercampur secara merata, agar terjadi proses fermentasi     secara optimal.















4. Proses penumpukan bahan baku.

Penumpukan bahan baku dengan ketentuan tinggi 1,5 m, lebar 1,75 m, dan panjang 2 m. Dalam tumpukan inilah terjadi proses fermentasi sampah organik menjadi biokompos.














5. Proses Pemantauan.

Dalam masa penumpukan terjadi peningkatan suhu. Hari ke-1 s.d ke-5 suhu dijaga 65 derajat celcius atau lebih. Ini berguna untuk membunuh bakteri yang tidak dibutuhkan dan melunakkan bahan. Pada hari ke-6 dan seterusnya suhu dijaga antara 40-50 derajat celcius dengan kelembaban lebih kurang 50%.


















6. Proses Pematangan.
Pengomposan berjalan dengan baik apabila suhu dalam bahan menurun secara bertahap dan bahan berfermentasi secara sempurna ditandai dengan perubahan warna menyerupai tanah. 
Tujuan pematangan adalah untuik menjamin biokompos benar-benar sudah siap untuk digunakan.


7. Proses pengeringan.
Setelah usia tumpukan bahan mencapai 21 hari (3 minggu), maka sampah organik sudah menjadi biokompos. Pengeringan dapat dilakukan selama lebih kurang 1 minggu sampai kadar air tinggal kira-kira 20% - 25%.


8. Proses penggilingan dan pengayaan.

Penggilingan dilakukan pada kompos yang sudah kering, untuk mendapatkan butiran-butiran kompos dan kemudian dilakukan pengayaan untuk mendapatkan biokompos yang siap untuk dimanfaatkan.













9. Proses pengemasan.
Kompos yang sudah diayak siap dikemas untuk dijual atau dipergunakan sendiri.


Meskipun dilakukan secara sederhana, namun paling tidak sedikit membantu mengatasi permasalahan sampah di sekeliling kita. Semoga bermanfaat.(anee_astutie)

3 comments:

Cibools mengatakan...

Blogna sering d UPDATE ya...

biar kami selaku wali murid bisa lebih tau kegiatan sekolah

Mazzz A@' Production mengatakan...

Sukses kedepannya bwt SDN MANGUNHARJO 6
. moga aja sklh" lain bisa meneladani
. syukur" memberikan sumbangsih berupa ide" yg cemerlang lg, demi kelsetarian lingkungan kita
. Amiiin..........

Anee Astutie mengatakan...

Terima kasih atas masukan sdr Cibools, semua karena keterbatasan waktu yg kami punya dikarenakan kesibukan yg padat. Ke depannya kami akan berusaha bisa memberikan info-info baru ttg sekolah.
Terima kasih jg atas dukungan Mazzz A@' Production, smg SDN Mangunharjo 6 bisa menjadi tauladan mski yg kami lakukan msh blm seberapa..

Poskan Komentar